Program

Program kegiatan di Asteriia Kinderhaus disesuaikan dengan tahapan perkembangan anak dengan mengoptimalkan seluruh kemampuan otak anak. Kami memiliki 3 layanan program. Perbedaan dari ketiga layanan berkisar pada usia anak, waktu dan titik berat kebutuhan perkembangan masing-masing anak. Meskipun pada pelaksanaannya, program kegiatan sesungguhnya akan mencakup seluruh aspek perkembangan anak.

  1. Program Sonnenschein untuk anak usia 1-5 tahun dan berlangsung sehari penuh. Program ini menstimulasi seluruh aspek perkembangan yang dimiliki anak, yaitu perkembangan motorik, baik motorik kasar maupun halus, perkembangan kognitif, perkembangan sosio-emosi dan perkembangan religi.
  2. Program Morgen dan Koran Klasse merupakan program paruh waktu yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan anak. Program Morgen Klasse khusus untuk anak usia 1-4 tahun. Program ini fokus pada area perkembangan motorik, kognitif dan sosio-emosi anak yang dirancang khusus dengan kurikulum prasekolah.
  3. Program Koran Klasse untuk anak usia 3-5 tahun. Titik berat program Koran Klasse berada pada kegiatan keislaman. Bentuk kegiatan yang akan dilakukan seperti melatih anak untuk berwudhu, terbiasa melakukan sholat, menghafal doa dan surat-surat pendek serta belajar membaca qur’an menggunakan metode Al Barqi.

Secara ringkas dapat dilihat pada tabel di bawah ini:

Keterangan
Program
Sonnenschein Morgen Klasse Koran Klasse Kinesiologie Klasse
Waktu 07.00-17.00 07.00-12.30 11.30-17.00 Dengan perjanjian
Usia 0-5 tahun 0-4 tahun 3-5 tahun Semua usia
Aspek perkembangan yang ingin dicapai Motorik kasar & halus
Kognitif
Religi
Sosio-emosi
Motorik kasar & halus
Kognitif
Sosio-emosi
Religi
Motorik
Kognitif
Sosio-emosi
Religi
Motorik kasar & halus
Kognitif
Sosio-emosi

Kegiatan terdiri dari kegiatan harian, bulanan dan semester.
Kegiatan harian mencakup semua aspek perkembangan, yaitu:

  1. Kegiatan inti 1 menstimulasi perkembangan motorik(halang rintang, jalan-jalan pagi, gerak dan lagu, senam Brain Gym®, Rhythmic Movement Training and Reflex Integration, dan Movement Based Learning, water play and sand play.
  2. Kegiatan inti 2 menstimulasi perkembangan kognitif (language, dramatic play, al barqy, fine motor, science, art and craft, math)
  3. Kegiatan inti 3 menstimulasi perkembangan religi (membaca Al Barqi, mengulang doa-doa harian, surat-surat pendek, Asmaul Husna dan kisah para Nabi dan Rasul serta sahabat-sahabat Nabi)
  4. Aspek sosial emosi berada pada semua kegiatan